Senin, 26 Mei 2014

Membuat Database Menggunakan Microsoft Office Access

Microsoft Office Access adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk pengolahan sekumpulan informasi yang biasa di sebut dengan Database.
Pada kesempatan ini sy akan membahas bagaimana membuat suatu database.
Sebelum membuat database, perlu di ketahui dahulu apa2 saja yang dapat di buatkan database.
Secara umum yang dapat dibuatkan databasenya adalah suatu lembaga misalnya sekolah atau yayasan, bisa juga suatu Perusahaan, PT atau CV misalnya.
Berikut adalah Langkah2 dalam membuat satu database.(Microsoft Office 2007)
  • Klik  All Programs - Microsoft Office - Microsoft Office Access
  • Klik Blank Database
  •  
  • Create - Table
  • Klik Home - View - Design View ( untuk menentukan jumlah Field Name dan Data Type )
  • Save ( Nama Table ) - OK
  • Setelah Field Name dan Data Type di tentukan - Save dan kembali ke Home - View - Datasheet View
  • Selanjutnya Membuat Table yang berikutnya (contoh sy akan membuat database dengan 3 table)
  • Langkah membuat table sama dengan langkah di atas sudah sy bahas (langkah ke-3-6)
  • Setelah ada 3 table, berikutnya kita akan membuat Relasi (keterkaitan / hubungan antara satu table dengan table lainnya)
  • Tutup semua table jika masih terbuka.Jangan lupa di SAVE.
  • Klik Database Tools - Relationships
  • Klik Seluruh table yang akan di relasikan ( klik 2X / Klik di table dan klik add )
  • Klik dan tahan daya di table tarif geser moese ke arah table pelanggan - Aktifkan Cek List di Kotak Enforce Referential Integrity - Create
  • Tutup Relasi dan buka table tarif maka kan terlihat relasi yang sudah terjalin.
  • Untuk selanjutnya kita akan buatkan satu Query sehingga database yang kita buat bisa di masukkan Rumus.
  • Contoh sy akan memasukkan rumus untuk mencari berapa Jumlah Tagihan per pelanggan dari beberapa table yang sudah kita buat
  • langkahnya Create - Query design
  • Klik table yang akan di ambil field name nya di masing2 table
  • Misalnya sy mau field name yang pertama ID_pelanggan maka sy klik ID_pelanggan di tb_pelanggan, selanjutnya yg ke-2 field name daya, maka sy klik daya di tb_daya dan begitu seterusnya
  • Selanjutnya kita akan menambah field name Jumlah dengan Rumus jumlah:([akhir_meter]-[awal_meter]) ketik rumus tersebut di Expression Builder
  • Klik OK dan Save dengan nama query_pembayaran
  • dan buka Datashett View nya maka akan tampil informasi jumlah pembayaran pelanggan
  • Selesai Query ....
semoga bermanfaat dan selamat membuat database.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar